Penanganan Penyakit Tuberkulosis

Penanganan Penyakit TuberkulosisPenyakit tuberkulosis atau TBC adalah salah satu bentuk infeksi paru yang menular yang penyebabnya adalah akibat bakteri. Penyakit ini biasanya ditularkan lewat percikanatau dahak dari si penderita, apalagi jika sering terpapar oleh si penderita. Penyakit tuberkulosis yang menyerang tubuh dengan sistem daya tahan tubuh yang rendah, seperti anak-anak, lansia, dan penderita penyakit AIDS. jika tidak mendapatkan penanganan dengan segera, maka bisa menimbulkan reaksi yang fatal.

Penanganan Penyakit Tuberkulosis

Penanganan Penyakit Tuberkulosis

Komplek primer adalah salah satu bentuk dari tuberkulosis yang lebih ringan dan biasanya menyerang anak-anak. Jika menjalankan terapi hingga lengkap, maka anak-anak bisa sembuh dengan total dari infeksi ini. Tetapi, kondisi masih bisa memungkinkan unutk mengalami kekambuhan, apalagi jika sistem daya tahan tubuh atau kondisi kesehatan individu yang mengalami penurunan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kompleks primer, maka lakukanlah pemeriksaan ke dokter.

Gejala dari penyakit tuberkulosis adalah :

  1. Batuk lebih dari 2 minggu
  2. Rasa nyeri di dada
  3. Batuk yang mengeluarkan dahak bercampur dengan darah
  4. Penurunan berat badan tanpa ada suatu alasan yang jelas
  5. Mengalami demam, terutama sore hari
  6. Keringat di malam hari
  7. Menurunnya nafsu makan
  8. Kelelahan
  9. Di kulit muncul benjolan warna merah kecokelatan dan terasa nyeri.

Penyebab dari penyakit tuberkulosis adalah akibat bakteri Mycobacterium tuberculosis. Komplikasi yang terjadi akibat penyakit tuberkulosis adalah infeksi dan juga kerusakan dibagian dalam tubuh lain misalnya adalah tulang, otak, dan ginjal. Kerusakan paru secara progresif, efusi pleura, pneumotraks, batuk darah, obstruksi usus, kematian.

Penanganan penyakit tuberkulosis yang bisa dilakukan adalah :

  1. Melakukan pemeriksaan diri ke dokter, dan jika Anda mengalami gejala-gejala TBC seperti diatas. Atau juga sudah megadakan kontak dengan dengan mereka yang mengalami penyakit TBC.
  2. Penanganan penyakit tuberkulosis selanjutnya adalah dengan minum obat yang sudah diresepkan. Dan jika menghentikan obat terlalu dini, maka kemungkinan resiko mengalami tuberkulosis yang resisten dengan obat
  3. Istirahat di ruangan yang mempunyai ventilasi udara baik.
  4. Makan makanan yang bergizi serta mengandung vitamin C tinggi didalamnya.
  5. Jangan minum minuman yang mengandung alkohol
  6. Melaukan olahraga secara teratur
  7. Memberitahu anggota keluarga Anda dan orang-orang terdekat jika terkena penyakit ini dan lakukanlah pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan penyakit tuberkulosis yang tepat.

Jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter, maka biasanya penanganan penyakit tuberkulosis yang dilakukan dokter adalah :

  1. Dokter akan melakukan pemeriksaan supaya memastikan adanya penyakit TBC, seperti melakukan foto rontgent paru, tes kulit, dan pemeriksaan dahak.
  2. Penanganan penyakit tuberkulosis selanjutnya dokter akan meresepkan obat anti TBC yang harus diminum setiap hari, dan dilakukan selama kurang lebih 6 bulan. jika pengobatan atau terapi TBC ini terputus dan terhenti sebelum waktu yang ditentukan maka akan membuat kuman TBC kebal dan resisten pada obat.
  3. Jika perlu, penderita biasanya harus menjalani rawat inap dirumah sakit untuk bisa mendapatkan pengobatan yang lebih lengkap dan beristirahat sampai kondisinya membaik dan tidak menyebabkan penularan ke orang lain.

Pencegahan yang harus dilakukan adalah :

  1. Melakukan imunisasi dengan menggunakan vaksin BCG untuk bayi yang baru lahir. Dosis booster yang diberikan di usia 12-16 tahun.
  2. Melakukan imunisasi untuk orang dewasa yang melakukan kontak dekat dengan penderita penyakit TBC Aktif.

Penanganan Penyakit Tuberkulosis

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi 10 makanan dibawah ini untuk penanganan penyakit tuberkulosis :

  1. Bawang putih
    Bawang putih merupakan salah satu jeis rempah-rempah yang mempunyai khasiat luar biasa didalamnya untuk membantu menambah sistem daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit dan juga infeksi virus yang lain. Bawang putih juga bisa Anda jadikan sebagai ramuan alami dalam membantu mengatasi penyakit tuberkulosis. Caranya adalah buatlah bawang putih menjadi jus terlebih dahulu, setelah itu minum bersamaan dengan satu gelas setiap kali Anda hendak pergi tidur hingga penyakit TBC sembuh.
  2. Buah pisang
    Buah pisang adalah salah satu jenis buah dengan kandungan nutrisi tinggi didalamnya. Buah pisang membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh dari mereka yang sudah terpapar dengan infeksi bakteri tbc.
  3. Daun drumstick
    Kemudian obat tbc selanjutnya adalah daun drumstick. Sifat anti inflamasi didalamnya dan juga anti bakteri yang sangat baik dalam membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang ada didalam paru.paru. selain itu, tanaman ini juga bisa membantu mengurangi radang atau inflamasi di paru-paru yang diakibatkan oleh batuk dan infeksi. Daun drumstick ini juga sebagai sumber zat besi, beta karoten, dan juga kalsium yang akan membantu utnuk meningkatkan sistem imun tubuh.
  4. Buah jeruk
    Buah jeruk adalah salah satu jenis buah yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda. Vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya akan membantu meremajakan jaringan paru-paru. Buatlah jus jeruk untuk membantu mengurangi batuk dan juga mencegah dan mengurani infeksi sekiunder dari dalam tubuh yang diakibatkan karena bakteri TBc.

Itulah informasi mengenai penanganan penyakit tuberkulosis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.

Penanganan Penyakit Tuberkulosis


=====================================

>>> Obat TBC Membantu Dalam Mengobati Penyakit TBC, Gejala TBC dan Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh Dari Serangan Penyakit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tuberkulosis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *