Pencegahan Tuberkulosis

Pencegahan TuberkulosisTuberkulosis merupakan penyakit pada saluran pernafasan, yang bisa mengakibatkan batuk parah dan sulit bernafas dengan baik. tuberkulosis adalah nama lain dari penyakit tbc, sehingga penyakit tuberkulosis juga penyakit yang bisa menular. Tidak sedikit orang yang telah menderita penyakit tuberkulosis terutama pada negara asia tenggara, yang umumnya merupakan negara berkembang, yang juga kondisi udaranya buruk. sebab penyakit pernafasan banyaknya dari udara yang tidak bersih, dan terhirup setiap hari sehingga efeknya akan menyebabkan gangguan pada pernafasan. Penyebab utama dari penyakit tuberkulosis alah bakteri sehingga penyakit ini bisa menular dari satu orang ke orang lain apabila terlalu dekat dengan penderita tuberkulosis. Penderita tuberkulosis juga bisa dari kalangan orang lanjut usia atau pun pada anak anak apabila bakteri memasuki saluran pernafasannya. Penularan tuberkulosis juga sangat mudah oleh sebab itu apabila ada penderita tuberkulosis sebaiknya jaga jarak dan tidak berkontak langsung untuk pencegahan tuberkulosis. Sebab penyakit ini juga sulit di sembuhkan atau bisa dialami jangka panjang.

Tuberkulosis

Tuberkulosis

Penyakit tuberkulosis disebabkan oleh virus, dan virus ini bisa masuk ke dalam tubuh dengan mudah melalui udara. sebab bakteri bisa bercampur dengan udara sehingga apabila terhirup masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan infeksi pada paru paru. tubuh bisa di infeksi karena disebabkan oleh melemahnya daya tahan tubuh juga. oleh sebab itu perlu hati hati juga apabila sedang kurang sehat, sebaiknya tidak keluar rumah sehingga bisa memicu penyakit pernafasan. Sebagian besar orang penderita penyakit tuberkulosis akibat dari infeksi dan penularan. Sebab penularan tuberkulosis sangat mudah dan juga sangat cepat. melalui udara dari air bersin yang dikeluarkan penderita tuberkulosis juga.

Semakin besar potensi untuk menderita penyakit tuberkulosis apabila lingkungan tempat tinggi yang kurang baik. lingkungan tempat tinggal yang kotor,kumuh dan jua lingkungan yang padat kurang baik untuk di tinggali sebab ada begitu banyak bakteri yang bisa menginfeksi dan menyebabkan penyakit serius. Anak anak juga lebih rentan menderita penyakit tuberkulosis seperti pada manula atau di usia lanjut sebab ada pengaruh dari daya tahan lemah pada usia yang terlalu muda atau pun pada usia yang terlalu tua. Bisa juga yang menyebabkan tuberkulosis karena dari efek samping menggunakan obat obatan terlarang. Penularan penyakit dari pecandu obat terlarang seperti narkoba, dan melalui jarum suntik sangat cepat memicu penularan penyakit tidak terkecuali penyakit tuberkulosis.

Pencegahan Tuberkulosis

Penyakit tuberkulosis bisa terjadi juga penularan melalui barang barang yang di gunakan pada saat makan. Gelas, piring atau pun sendok bisa menjadi media untuk bakteri masuk ke tubuh orang lain untuk menginfeksi sehingga dampaknya akan menularkan penyakit apabila di konsumsi. Bisa dialami pula apabila memiliki kebisaan buruk yang seperti merokok maupun minum alkohol, kedua hal tersebut jika dilakukan sering bahkan di gunakan secara bersama dengan orang lain maka potensi untuk tertular pun sangat tinggi. yang di serang pertama kali oleh bakteri memang paru paru tetapi bagian tubuh yang lainnya juga masih bisa di infeksi apabila tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Penderita tuberkulosis akan mengalami batuk panjang di awal infeksi sehingga banyak orang yang tidak langsung menyadari jika telah di infeksi oleh virus. Batuk yang parah tanpa dahak atau ada dahaknya lama kelamaan akan mengeluarkan darah. maka dari itu salah satu ciri khas dari penyakit tuberkulosis akan mengalami batuk berdarah. Karena batuk yang parah banyak penderita tuberkulosis akan kehilangan nafsu makannya, sebab itu berat badan bisa semakin menurun lama kelamaan. Infeksi paru paru pada saat mengalami tuberkulosis pun juga akan menyebabkan tubuh demam dan menggigil kedinginan. dada yang terasa sakit pun bisa dialami pada saat batuk ketika paru paru di infeksi. Pengobatan dengan menggunakan obat tbc  herbal bisa dilakukan sehingga menghentikan infeksi. Dan baiknya melakukan pencegahan tuberkulosis agar pernafasan selalu sehat. Di bawah ini beberapa pencegahan tuberkulosis :

Tuberkulosis

Tuberkulosis

  • Meningkatkan daya tahan tubuh, pencegahan tuberkulosis yang mudah yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh. hal ini bukan hanya untuk berlaku mencegah tuberkulosis saja tetapi untuk penyakit lainnya pun juga bisa. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan olahraga, kelola stress, dan makan makanan yang sehat.
  • Hindari penderita tbc, upaya pencegahan tuberkulosis juga dapat dilakukan dengan menghindari penderita tuberkulosis, sebab kontak langsung dengan penderita tuberkulosis sangat besar risikonya untuk mengalami hal serupa. Tidak kontak langsung, tidak menggunakan alat makan yang sama merupakan salah satu pencegahan tuberkulosis yang bisa dilakukan.
  • Tidak merokok, selain itu, pencegahan tuberkulosis juga bisa dengan menghindari rokok, sebab rokok bukan hal yang baik oleh sebab itu hindari rokok sehingga tidak akan menyebabkan gangguan pada pernafasan.
  • Lindungi saluran pernafasan, pencegahan tuberkulosis yang penting juga dengan melindungi hidup atau saluran pernafasan pada saat ditempat umum terlebih dari orang yang bersin, sebab udara bisa bercampur dengan bakteri dan akan menyebabkan tuberkulosis. Masker penutup mulut dan wajah kini telah banyak dijual, sebaiknya gunakan masker tersebut sehingga menurunkan risiko bakteri masuk ke dalam mulut atau hidung. (By:RM)

Pencegahan Tuberkulosis


=====================================

>>> Obat TBC Membantu Dalam Mengobati Penyakit TBC, Gejala TBC dan Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh Dari Serangan Penyakit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tuberkulosis and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *