Penyakit Tuberkulosis Paru

Penyakit Tuberkulosi Paru – Penyakit tuberkulosis atau nama lain dari penyakit tbc, merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena dapat mengancam nyawa seseorang. Penyakit ini awal nya seperti penyakit saluran pernafasan lain nya, yang akan menyebabkan nyeri dada, batuk kering, dan juga demam. Tetapi tingkat penyakit tuberkulosis lebih berbahaya, hingga bisa menurunkan berat badan yang terlalu banyak pada penderita nya. penyakit tuberkulosis bisa diatasi dengan mudah untuk penderita nya masih gejala awal. Tetapi untuk mengetahui apakah penyakit tuberkulosis ini masih dalam tahap berbahaya atau tidak cukup sulit, hingga baru akan mengobati nya jika sudah memasuki tahap penyakit tuberkulosis yang lumayan parah.

Udara yang kotor bisa kemungkinan terdapat bakteri penyebab penyakit tuberkulosis. Yang bisa saja sewaktu waktu akan masuk ke dalam hidung, jika memiliki daya tahan tubuh yang buruk. Berbahaya sekali jika bakteri sudah memasuki hidung hingga ke paru paru, karena dapat merusak organ tubuh, terutama bagian paru paru. Untuk mengetahui keadaan paru paru yang telah di rusak, maka akan dengan mudah terlihat dengan cara memfoto paru paru dengan suatu alat medis, atau yang biasa di kenal dengan rongsen. Pemeriksaan ini hampir sama dengan pemeriksaan pada penyakit flek paru paru.

kedaan pada penyakit tuberkulosis

kedaan pada penyakit tuberkulosis

Gejala Penyakit Tuberkulosis Paru

Penyakit tuberkulosis akan memberikan gejala awal pada tubuh. peningkatan suhu tubuh akan di rasakan pada waktu yang lama untuk penderita penyakit tuberkulosis. Peningkatan suhu tubuh akan bersamaan dengan batuk yang juga akan di rasakan. Batuk yang di derita bisa merupakan batuk kering, hingga yang parah nya batuk berdahak bersamaan dengan darah.

Karena paru paru telah di infeksi bakteri sehingga bisa menyebabkan keluar nya darah pada saat batuk. Jika sudah merasakan seperti ini maka keadaan tubuh akan sangat lemah hingga lemas dan sulit untuk melakukan berbaai aktifitas. Tidak hanya lemas untuk melakukan aktfitas, untuk makan pun juga akan kesulitan, dan akhir nya memiliki berat badan yang sangat ringan atau sangat kurus.

Gejala penyakit tuberkulosis paru akan berlangsung lama jika tidak segara di beri pengobatan yang benar. Hingga bisa menyebar untuk menginfeksi anggota tubuh yang lain. Tulang dan saraf juga bisa di infeksi bakteri penyakit tuberkulosis paru. Semua nya tidak akan terjadi jika untuk tanggap dengan gejala yang muncul, dan langsung diperiksakan ke rumah sakit.

Mengatasi Penyakit Tuberkulosis Paru

Untuk melakukan pengobatan atau penanganan penyakit tuberkulosis paru, maka harus melakukan pemeriksaan awal terlebih dahulu. Pemeriksaan bisa dengan mengikuti berbagai macam tes yang di perlukan. Karena bakteri bisa di periksa melalui tes dah, tes foto paru atau rongsen hingga tes pada kulit. untuk pemeriksaan yang paling awal di lakukan adalah tes dahak yang sudah bercampur dengan darah ataupun belum.

Dan pemeriksaan dahak di perlukan beberapa kali, yang di ambil pada saat pagi atau yang lebih di kenal dengan sewaktu-pagi-sewaktu. Memang cukup lama untuk pemeriksaan penyakit tuberkulosis paru, karena untuk mendeteksi bakteri yang ada di dalam tubuh membutuhkan ketelitian, hingga tidak salah untuk mendiagnosis penyakit. karena jika salah maka pengobatan nya akan salah, dan akan memperburuk keadaan tubuh. setelah selesai melakukan berbagai macam pemeriksaan dahak, tahap selanjut nya yang untuk di lakukan adalah melihat keadaan dalam paru paru dengan rongsen.

Ketika di rongsen maka akan mengetahui bentuk dan keadaan paru paru yang sebenar nya. jika sudah terlalu parah maka bisa menyebabkan keadaan paru paru akan memiliki lubang. jika sudah melakukan pemeriksaan paru paru, maka tahap pemeriksaan terakhir adalah pemeriksaan dengan kulit. karena kulit juga bisa terserang oleh bakteri. kulit tubuh akan di berikan suatu suntikan, yang mengandung suatu zat. Dan baru akan ketahuan 3 hari setelah penyuntikan kulit.

Jika semua serangkaian tes telah di lakukan dengan baik, dan hasil nya memang benar ada nya di dalam tubuh terdapat bakteri penyebab penyakit tuberkulosis paru, maka akan di berikan perawatan. Perawatan yang di lakukan dengan di berikan berbagai macam obat yang  bisa di minum dalam jangka waktu panjang, agar bakteri dapat hilang atau mati di dalam tubuh seluruh nya. jika sedang mengkonsumsi obat penyakit tuberkulosis paru maka tidak boleh untuk melewati nya satu hari pun, karena akibat nya akan membuat bakteri merusak tubuh kembali. dan jika hal itu terjadi, maka pengobatan akan di ulang dari awal, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Menghindari Penyakit Tuberkulosis Paru

Untuk menghindari nya bisa dengan pola hidup yang sehat. karena pola hidup yang sehat juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat, dan jika sewaktu waktu akan bakteri penyakit tuberkulosis menyerang,maka tubuh sudah dapat mengantisipasi nya. daya tahan tubuh yang kuat bisa di dapatkan dengan mudah dengan memenuhi kebutuhan cairan, vitamin, nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. dan semua nya bisa di dapatkan dengan mudah oleh air putih, makanan alami seperti sayur dan juga buah, dan sumber protein yang cukup untuk tubuh. akan sangat bagus lagi jika di tambahkan dengan melakukan olahraga.


=====================================

>>> Obat TBC Membantu Dalam Mengobati Penyakit TBC, Gejala TBC dan Membantu Memperkuat Sistem Imun Tubuh Dari Serangan Penyakit, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tuberkulosis and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *